BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Di era globalisasi sekarang ini,
komputer dan internet tidak hanya bermanfaat bagi pelajar saja, namun juga
untuk masyarakat secara luas. Bagi masyarakat modern yang tinggal di kota
besar, keberadaan komputer rasanya tidak akan asing. Kebanyakan dari orang di
kota tidak membutuhkan pendidikan formal untuk mengoperasikan komputer karena
ketersediaannya membuat mereka dapat melatih diri sendiri dengan mengotak atik
secara otodidak. Terutama untuk mereka yang memiliki komputer di rumah.
Komputer dan internet merupakan alat
modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari
mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia, bahkan hiburan. Dewasa ini
perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa
batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan
teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat
yang kita buat sendiri. Lalu apa manfaat dari komputer dan internet itu
sendiri? Semua akan dibahas pada makalah ini.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang menjadi
pembahasan pada makalah ini, yaitu :
1.
Bagaimana
Pengertrian dari Komputer?
2.
Jelaskan tentang
komponen-komponen Komputer?
3.
Bagaimana
pengertian dari Internet?
4.
Jelaskan tentang
koneksi/transisi, jaringan internet dan dampak internet?
5. Bagaimana hubungan Hadware, Sofware dan Koneksi
internet pada Komputer?
C.
Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari
penulisan makalah ini adalah agar memberikan wawasan kepada kita tentang
pengenalan komputer dan internet di era globalisasi seperti sekarang
ini.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengenalan Komputer
Definisi Komputer
berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung.
Karena luasnya bidang garapan ilmu
komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan
termininologi komputer.
1) Menurut Hamacher , komputer adalah mesin penghitung
elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian
memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan
menghasilkan output berupa informasi.
2)
Menurut
Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa
tugas sebagai berikut :
·
Menerima input
·
Memproses input
tadi sesuai dengan programnya
·
Menyimpan
perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
·
Menyediakan
output dalam bentuk informasi
3) Sedangan Fuori berpendapat bahwa komputer adalah
suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat,
termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari
manusia.
Dari beberapa ahli pendapat di atas,
maka dapat disimpulkan secara umum bahwa komputer merupakan suatu peralatan
elektronik yang dapat menerima input, mengolah input dengan menggunakan suatu
program yang tersimpan didalam memori komputer, memberikan output yang berupa
informasi dan dapat menyimpan program serta hasil pengolahan dalam suatu media
penyimpanan seperti hardisk, flashdisk atau penyimpanan lainnya.
1.
Hardware (Perangkat Keras)
Hardware
(perangkat keras) adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat
alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata,
yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware ( perangkat
keras) terdiri dari :
1)
Power supply
Merupakan bagian terpenting karna tugasnya adlah
mengalirkan listrik.apabila bagian ini rusak maka computer akan mati.
2)
Motherboard :
Merupakan sebuah papan tumpuan,maksudnya kebanyakan
dari komponen-komponen dalam computer menempel disini,misalnya RAM,VGA,SOUND
CARD,MODEM.
3)
Processor
Merupakan otak dari suatu computer bagian ini yang
mengontrol segala kegiatan pada computer.terdapat dua perusahaan terkenal yang
memproduksi processor yaitu intel dan AMD
4)
RAM
Random Access Memory atau sering disebut memory.
Jika dianalogikan sebagai manusia, RAM merupakan tangan dari komputer. semakin
besar RAMnya semakin banyak tangan yang sanggup melakukan pekerjaan-pekerjaan
komputasi secara cepat tentunya.
5)
Harddisk Drive
Biasa disingkat HDD, Sebuah media penyimpanan data
bisa berupa teks, lagu, gambar, video, program, dll.
6)
Input device
(Keyboard dan Mouse)
Merupakan suatu alat untuk memudahkan memberikan
perintah kepada computer untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan yang kita
inginkan.
7)
Monitor
Saat ini dibedakan menjadi 2, yaitu CRT dan LCD,
gampangannya CRT adalah monitor yang berbentuk ‘gendut’ sedangkan LCD adalah
monitor yang berbentuk ramping
8)
Casing
Agar semuanya terjaga kebersihannya dan tidak
yerlihat berantakan maka “dibungkus”oleh suatu perangkat bernama casing.didalam
casing biasanya di tmbahkan suatu FAN agar suhu di dalam computer terjaga.
9)
Optional device
Berikut ini adalah macam –macam device yang boleh di
pasang maupun tidak dipasang maka tidak apa-apa. Speaker : speaker hanya
berguna sebagai sarana multimediayang memungkinkan kita dapat mendengarkan
suara lagu maupun film yang sedang di putar dalam computer
10) VGA
Kartu grafik,biasanya untuk memaksimalkan tampilan
grafik yang diperlukan apabila kita ingin bermain suatu game.
11) Printer
Kegunaaannya untuk mencetak suatu tulisan atau
gambar yang telah kita buat di dalam computer.
12) Modem
Buat yang suka internet, peranti yang ini wajib
dimiliki. Ada banyak pilihan untuk modem ini, Modem Dial
U/ADSL(internal/external), Modem GPRS, Modem CDMA, dan Modem HSPDA, pilihan
tersebut berdasarkan jenis provider internet yang akan dipilih.
13) Joystick
Berfungsi untuk memudahkan player bermain game.
14) Webcam & microphone
15) Perangkat ini menjadi perangkat wajib buat chatter.
Chatting tidak berasa tanpa ngobrol langsung pake microphone dan webcam bagi
mereka
2.
Software (Perangkat Lunak)
Software / Perangkat Lunak Komputer yang
merupakan sebuah program komputer yang menjembatani pengguna komputer dan
perangkat keras yang digunakannya. Dengan kata lain, perangkat lunak merupakan
penerjemah antara manusia sebagai orang yang memberi instruksi dan komputer
sebagai pihak yang menerima instruksi.
Jenis Software Atau
Perangkat Lunak Komputer
Perangkat Lunak atau Software dibagi menjadi dua
kategori yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
a.
Perangkat Lunak
Atau Software Sistem (System Software)
Perangkat Lunak Sistem
adalah perangkat lunak atau software yang berhubungan langsung dengan komponen
perangkat keras komputer (Hardware), perawatan, maupun pemrogramannya.
Perangkat lunak sistem ada tiga macam yaitu sebagai berikut:
1)
Sistem Operasi
(Operating System)
Sistem Operasi
merupakan perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen
perangkat keras / Hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk
menjalankan perangkat lunak aplikasi. Komputer tidak dapat menjalankan
perangkat lunak aplikasi jika kita tidak memiliki sistem operasi di dalamnya.
contohnya : Windows, Mac Os, BeOS, DOS, UNIX, Novell Netware yang menjalankan
sistem operasi network berbasis DR-DOS, FreeBSE (SO turunan UNIX), atau Windows
dengan aplikasi Citrix Metaframe.
Secara umum tugas-tugas
dari sistem operasi adalah sebagai berikut:
·
Mengatur User
interface, yaitu bagaimana antara komputer
dan pengguna bisa saling berinteraksi.
·
Mengoordinasikan
perangkat keras / hardware denga perangkat lunak / software yang terdapat pada
komputer
·
Mengatur
bagaimana perangkat lunak bisa masuk dalam memori.
·
Mengatur cara
penyimpanan dan pengambilan data pada media penyimpanan.
·
Mengelola semua
sumber daya sistem pada komputer dan lain-lain.
2)
Bahasa
Pemrograman
Bahasa
pemrograman merupakan instruksi dan aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode
yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Manusia memberikan
instruksi yang dimengerti oleh komputer melalui bahasa pemrograman, dan
komputer akan menerjemahkannya.
3)
Utility Software
Utility Software merupakan perangkat lunak yang
berfungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dalam sistem
komputer.
b.
Software
Aplikasi (Application Software)
Perangkat lunak
aplikasi (application software) merupakan program yang dibuat atau dirancang
untuk menyelesaikan suat aplikasi tertentu.
Selain perangkat lunak sistem, sebuah komputer juga
membutuhkan perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untuk menyelesaikan
tugas-tugas tertentu yang membantu pengguna dalam kegiatan sehari-hari.
c.
Brainware
Brainware Komputer adalah setiap orang yang terlibat
dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga
dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan
mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa
adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun
dapat dimanfaatkan secara maksimal
3.
BIOS
BIOS adalah
singkatan dari Basic Input Output System, merupakan suatu software (ditulis
dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras
(hardware) komputer. BIOS tertanam dalam sebuah chip memory (ROM ataupun Flash
Memory berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor-CMOS) yang terdapat pada motherboard. Sebuah
baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar
tanggal dan setingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau
kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan.
a.
Fungsi utama
BIOS
Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan instruksi
yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk
menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card,
Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya
pada saat komputer mulai booting.
b.
Cara Kerja BIOS
Seperti telah dijelaskan diatas bahwa fungsi utama
BIOS adalah melakukan POST. Sedangkan urutan-urutan atau cara kerja BIOS adalah
dimulai dengan proses inisialisasi, dimana dalam proses ini kita bisa melihat
jumlah memory yang terinstall, jenis hardisk dan kapasitasnya dan
sebagainya. BIOS kemudian akan mencari,
menginisialisasi dan menampilkan informasi dari
c.
Graphics Card.
Kemudian akan mengecek device ROM lain seperti
hardisk dan kemudian melakukan pengetesan RAM yaitu memory count up test.
Setelah semua test komponen berhasil
dilakukan, BIOS kemudian akan mencari lokasi booting device dan Sistem Operasi.
Mengenai cara kerja BIOS atau urutan-urutan apa saja
yang dikerjakan BIOS pada saat melakukan POST ini bisa dibaca pada postingan
mengenai urutan proses startup komputer.
d.
Cara Akses BIOS
Untuk mengakses BIOS dapat kita lakukan dengan
menekan tombol tertentu (biasanya tombol Delete atau F2) pada Keyboard pada
saat pertama kali komputer dinyalakan. Akan terdapat tulisan misalnya
"Pres F2 to enter setup", maka langsung aja kita tekan tombaol F2
berulang-ulang.
e.
Seting BIOS
Cara seting atau
konfigurasi BIOS ini berbeda-beda tergantung dari vendor pembuatnya, disini
saya akan menampilkan menu-menu pada BIOS yang umum kita temui yaitu Phoenix
Award BIOS. Menu utama pada BIOS ini adalah :
1)
Standard CMOS
Features, untuk seting tanggal dan melihat hardisk yang terdeteksi, dll.
2)
Advanced BIOS
Features, pengaturan boot device priority (pilihan device untuk pertama
booting) dapat diset disini.
3)
Advanced Chipset
Features
4)
Integrated
Peripherals
5)
Power Management
Setup
6)
PnP/PCI
Configuration
7)
PC Health
Status, kita bisa cek temperatur dan tegangan dari Power Suplly disini.
8)
Load Fail-Safe
Defaults (Load Factory Setting), pilih menu ini untuk mengembalikan seluruh
setingan ke mode asalnya (default).
9)
Load Optimized
Defaults
10) Set Supervisor Password
11) Set User Password
12) Save & Exit Setup
13) Exit Without Saving
B.
Pengenalan Internet
Interconnection network (internet)
adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung.
Internet berasal dari bahasa latin "inter" yang berarti
"antara". Internet merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer
yang ada di seluruh dunia. Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta
topology jaringan yang berbeda. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi
jaringan, digunakan standar protokol internet yaitu TCP/IP. TCP bertugas untuk
memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan baik, sedangkan IP bertugas
untuk mentransmisikan paket data dari satu komputer ke komputer lainya.
Sejarah internet
awalnya berasal dari proyek ARPA yang dibentuk tahun 1969 oleh Departemen
Pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini kemudian dikenal dengan ARPANET
(Advanced Research Project Agency Network) yang melakukan riset tentang cara
menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya agar bisa saling
berkomunikasi. Pada tahun 1970, proyek ini berhasil menghubungkan lebih dari 10
komputer dalam bentuk jaringan, dan beberapa tahun kemudian, hasil riset proyek
ini dikembangkan di luar Amerika. Karena jumlah komputer yang terhubung semakin
banyak, maka pada tahun 1980 dibuatlah protokol resmi yang dikenal dengan
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
1.
Koneksi internet
Karakteristik Koneksi Internet
a.
Koneksi fisik,
misalnya ethernet, fiber-optik, modem, ADSL, wave-LAN, satelit, dan masih
banyak lagi. Dari segi konfigurasi, koneksi ini cukup dilihat sebagai:
·
Point to point:
koneksi dari ISP harus masuk langsung ke SATU komputer, router atau gateway.
·
Multipoint:
koneksi dari ISP masuk dulu ke konverter/hub ethernet. Dari hub anda bisa tarik
kabel ke BEBERAPA komputer.
b.
Koneksi logikal.
Secara gampang, subnet adalah kelas IP yang diberi ISP buat anda. Ada tiga
kemungkinan:
·
Node: Anda hanya
diberi 1 IP, bisa langsung dipakai oleh satu komputer.
·
Subnet: Anda
diberi beberapa IP yang bisa langsung dipakai oleh beberapa komputer. Walau
terpisah, secara logikal network anda masih satu segment dengan network ISP
sehingga netmask anda ikut netmask ISP. Misalnya, anda diberi 4 IP, tapi
netmask = 255.255.255.0 (buat 256 node).
·
Segment: Anda
diberi 1 IP koneksi, dan 1 (sub) segment IP. Segment anda punya netmask
sendiri, misal sub segment 16 IP netmask 255.255.255.224, atau full segment
kelas C 256 IP netmask 255.255.255.0. Koneksi ini harus masuk dulu ke
router/gateway sebelum disebar ke beberapa komputer.
Perhatikan bahwa koneksi logikal node dan segment
biasanya pakai koneksi fisik point to point. Kalau pakai koneksi multipoint,
bisa sekali tapi agak mubzir. Koneksi fisik multipoint afdol-nya berjodoh
dengan koneksi logikal subnet.
c.
IP
external/internal. IP eksternal adalah IP yang sah dipakai untuk berkomunikasi
di jaringan Internet sedunia. Sementara itu IP internal hanya boleh dipakai di
Intranet. Ada tiga segment IP internal:
·
10.x.y.z
·
172.16-31.y.z
·
192.168.0-255.z
Kalau tidak masuk kelompok itu, IP anda adalah
eksternal. ISP yang bonafid seharusnya memberi IP eksternal. Tapi ISP yang
murah meriah hanya akan memberi anda IP internal. Koneksi IP internal hanya
bisa buat browsing, downloading atau chatting. Tidak bisa buat server atau main
game.
d.
IP
dinamik/statik. Jika pakai dinamik, IP komputer anda akan diberi oleh ISP melalui
DHCP, dan secara periodik akan berubah. Sebaliknya IP statik bersifat tetap,
anda isikan saat mengkonfigurasi network. IP dinamik biasanya hanya untuk
koneksi satu node, dial-up point-to-point.
Macam-Macam Metode
Koneksi Internet
-
Koneksi Dial Up
Komputer yang dilengkapi dengan modem analog dapat
melakukan dial up, yaitu menghubungi server milik ISP untuk memperoleh akses
internet. Koneksi dial-up tidak hanya menggunakan jalur telepon rumah (PSTN),
tetapi juga bisa menggunakan telepon genggam berteknologi CDMA
-
.ADSL (Kecepatan
Akses Internet-ADSL)
ADSL (Asymetric Digital
Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi
antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan
transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada
frekuensi di bawah 4 kHz). Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses
internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan
dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran
modem).
-
Koneksi dengan
Jaringan Leased Line
Internet leased line artinya jaringan yang tersedia
untuk mengakses internet selama 24 jam sehari. Hal ini berbeda dengan dial up,
di mana akses internet hanya tersedia pada saat kamu melakukan hubungan ke ISP.
Oleh karena itu jaringan leased line juga sering disebut sebagai jaringan
dedicated line, yaitu jaringan yang dikhususkan untuk koneksi internet.
Jaringan leased line dapat menggunakan jaringan telepon, kabel khusus untuk
internet, maupun koneksi wireless. Untuk jaringan yang menggunakan kabel,
tersedia layanan ISDN dan DSL.
-
Satelite VSAT
Koneksi menggunakan satelite merupakan koneksi yang
cukup cepat namun termahal. Koneksi ini kita harus menggunakan sebuah payung [
parabola khusus ] untuk menangkap signal satelit.
-
Handphone
Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan
jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data.
Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM
maupun CDMA.
-
WIFI / Hotspot
Jenis koneksi ini mulai heboh akhir-akhir ini.
Dibeberapa kafe, mal berlomba-lomba memberikan fasilitas ini bahkan gratis
untuk para pengunjung / langganan mereka. Wi-fi ini bisa terkoneksi apabila
kita memiliki modem WIFI, biasanya notebook jadul belum ada jangan sedih bisa
dibeli kok slot pcmci atau colokan usb. Kalau notebook baru biasanya sudah
build in semua, dan handphone smartphone khususnya telah memiliki wifi build in
juga. sehingga bisa langsung dapat digunakan.
-
Cable Modem
Cable Modem merupakan modem yang menyediakan dua
arah komunikasi sata melalui frekuensi radio (RF) pada infrastruktur saluran
CATV (Cable TV). Kabel modem ini terutama digunakan untuk memberikan akses
internet broadband dalam bentuk internet cable dengan mengambil bandwidth yang
tinggi dari jaringan televisi kabel.
2.
Jaringan Internet
Jaringan internet secara sederhana adalah sekumpulan
komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan lainnya dengan
menggunakan media komunikasi. Tujuan jaringan internet yaitu untuk memudahkan
pengguna komputer untuk saling berbagi sumber daya yang terdapat di jaringan
seperti printer dan data.
Jenis-jenis jaringan
internet
a.
Jaringan
Berdasarkan Hubungan fungsional
1)
Jaringan
Feer-to-Feer
Kedudukan setiap komputer yang terhubung dalam
jaringan adalah sama. Tidak ada komputer yang menjadi pelayan utama (server).
Sehingga semua komputer dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dan berbagi
penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak
2)
Jaringan Client
Server
Pada jaringan client-server terdapat sebuah komputer
yang mengatur semua fasilitas yang tersedia dalam jaringan komputer,
sepertikomunikasi, penggunaan bersama perangkat keras dan perangkat lunak serta
mengontrol jaringan. Komputer ini dinamakan server. Semua komputer lain selain
server disebut client.
b.
Jaringan
Berdasarkan Area
1)
Local Area
Network (LAN)
LAN merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup
terbatas (area lokal). Tipe jaringan ini banyak dipakai pada gedung
perkantoran, warnet, Lab komputer sekolah, rental komputer,dsb
2)
Metropolitan
Area Network (MAN)
MAN merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup
yang cukup jauh. Tipe inidigunakan untuk membangun jaringan komputer antar
gedung, dalam satu kota, atau antar kota yang berada pada jangkauannya.
Jaringan in biasanya digunakan oleh perusahaanperusahaan besar seperti
perbankan, BUMN, dll.
3)
Wide Area
Network (WAN)
Jaringan ini merupakan jaringan yang terbesar karena
mencakup radius antar negara bahkan benua tanpa batasan geografis seperti
jaringan lain. Dalam beberapa hal, WAN dapat dikatakan Internet WAN (Wide Area
Network)
c.
Jaringan
Berdasarkan Metode Koneksinya
1)
Jaringan
Berkabel
Jaringan yang
menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota anggota jaringan disebu Jaringan
Berkabel
2)
Jaringan
Nirkabel
Jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk
koneksi antar anggota jaringan.
3)
Topologi
Jaringan
Topologi jaringan merupakan Topologi jaringan
merupakan diagram yang mewakili cara komputer terhubung dalam jaringan. Macam-macam topologi jaringan :
·
Star Topology
(Topologi Bintang)
·
Ring Topology
(Topologi Cincin)
·
Bus Topology
(Topologi Bus)
·
Tree Topology
(Topologi Pohon)
3.
Manfaat dan dampak penggunaan internet
a.
Manfaat Internet
·
Mencari
informasi (hosting) dan research di internet
·
Berkirim surat
(e.mail)
·
Berbelanja
online (e-commerce)
·
Internet banking
·
Belajar jarak
jauh (e-learning)
·
Mengobrol
(chatting)
b.
Dampak Positif
Internet
·
Internet sebagai
media komunikasi
·
Media pertukaran
data :
·
Media mencari
informasi
·
Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan :
c.
Dampak Negatif
·
Pornografi
Internet seringkali di salah gunakan untuk hal hal
yang kurang baik salah satunya Pornografi yang sudah merajalelah dengan
demikian Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program
mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat
di-akses.akibat salah menggunakan banyak sekali tingkah asusila atau kriminal.
·
Violence and
Gore
Kekejaman dan kesadisan
juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak
terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat
menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat
tabu.
·
Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun.
Internet pun tidak luput dari serangan penipu.
·
Carding
Karena
sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit
adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet
pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
·
Perjudian
Banyak sekali pengguna internet yang menggunakan
internet sebagai alat judi yang sangat luas bagi semua kalangan ,bukan hanya
bagi orang dewasa bahkan anak anak pun seringkali menyalah gunakan internet
sebagai alat perjudian.
C.
Hardware & Software Untuk Mengakses Internet
1.
Perangkat
Keras(Hardware) untuk akses internet
a.
Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat
mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet
sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi
spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula
sebaliknya.
b.
Modem (Modulator
Demodulator)
Modem adalah singkatan
dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima
data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone. Modem adalah alat
yang bertugas untuk menukar data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya.
Dengan adanya modem pengguna PC dapat terkoneksi dengan dunia internet
c.
Router
Router adalah sebuah alat yang digunakan untuk
memilih jaringan tujuan dan menruskan pengiriman paket data pada jaringan
khusus. Router berperan sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk
meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya
d.
Kabel UTP
Kabel UTP digunakan sebagai penghubung
antarkomputer, antara komputer dengan switch atau router, dan perangkat
jaringan lainnya. Kbel UTP digunakan sebgai kabel yang biasa digunakan untuk
membuat jaringan atau network komputer berupa kabel yang didalamnya berisi
empat (4) pasang kabel yang yang setiap pasangnya adalah kembar dengan ujung
konektor RJ-45.
e.
Konektor RJ 45
Konektor RJ 45 digunakan sebagai penghubung kabel
UTP.
f.
Switch Hub
Switch hub digunakan untuk menghubung jalur
komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu. Switch
hubberperan dalam menyatukan kabel jaringan dari setiap komputer baik client
maupun server serta modem. Pada pasaran terdapat beberapa jenis Hub namun yang
terpenting adalah jumlah port yang dimiliki. Hub dengan 8 port, Hub 16 port
maupun Hub dengan 24 port.
g.
Ethernet Card
Ethernet card (LAN card) digunakan sebagai kartu
antarmuka jaringan untuk transmisi data antarkomputer yang koneksi. Ethernet
card disebut juga dengan Network Interface Card (NIC).
h.
Webcam
Webcam adalah sebutan bagi kamera real-time yang
gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui Worl d Wide Web, program instant
messaging, atau aplikasi video call. Istilah “webcam” juga merujuk kepada jenis
kamera yang digunakan untuk keperluan ini.
i.
Wireless Adapter
Wireless Adapter digunakan sebagai pengendali
periferal yang terpasang tanpa menggunakan kabel. Adapter ini biasanya
berbentuk card atau board yang berisi rangkaian elektronika
j.
Kabel Koaksial
Kabel koaksial merupakan kabel yang digunakan
sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya
2.
Perangkat Lunak (Software)
a.
Sistem operasi
Sistem operasi merupakan penghubung antara user
(pengguna ) dengan computer. Adapun system operasi yang umum digunakan untuk
mengakses internet adalah windows, Apple dan Linux dengan semua varians yang
dimiliki oleh system operasi tersebut.
b.
Browser
Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk
menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh
layanan web (halaman-halaman internet). Browser yang umum digunakan adalah
internet explorer browser ini ekslusif hanya dapat berjalan pada system operasi
windows, Mozila Firefox browser ini dapat berjalan pada system operasi windows,
linux dan tentunya Apple, Opera, Safari, Google Chrom
c.
E-mail Client
E-mail client berfungsi untuk mengelola e-mail.
Contoh E-mail client antara lain Microscoft Outlook Ekspress, Microscoft Office
Outlook, dan Mozila Thunderbird
d.
Instant
Messaging Client
Instant Messaging
Client berfungsi sebagai sarana chatting, yaitu melakukan percakapan dengan
saling mengirim dan menerima pesan berupa teks. Cotoh Instant Messaging Client
adalah ICQ, Yahoo! Messenger, iChat, dan Pidgin.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Akhirnya penulis dapat menyimpulkan
bahwa internet adalah suatu perangkat komputer yang terdiri dari beberapa
komputer yang sudah bisa saling mengakses data, dan saling bertukar informasi
antar negara. Sehingga internet cakupannya lebih luas. Sehingga
Internet dapat diartikan sebagai
jaringankomputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan
pemakaikomputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di
dalamnyaterdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga
yangdinamis dan interaktif.
Internet merupakan suatu perpustakaan
besar yang didalamnya terdapat jutaan behkan miliaran informasi yang berupa
teks dalam bentuk mediaelektronik selain itu internet dikenal sebagai dunia
maya, karena hampir seluruhaspek kehidupan di dunia nyata ada di internet
seperti olah raga, politik, hiburandan lain sebagainya, selain itu juga
internet mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan karena
dengan adanya internet bisa menambahilmu pengetahuan kita dan dapat menambah
motivasi belajar siswa
B.
Saran
Sebaiknya
internet digunakan dalam hal-hal yang positif bukan hal-hal yang negatif.
Khususnya dibidang pendidikan agar internet lebih digunakan dalam menunjang
pembelajaran karena dengan mengakses internet banyak materi pembelajaran yang
bisa kita dapatkan.
Agen Ayam s128 ialah situs sabung ayam online jadi satu diantara penyuplai layanan taruhan ayam s128 di indonesia. http://165.22.32.71
BalasHapusS128cash - Judi Online | Poker Online | Sabung Ayam | s128 | Sbobet
https://sabungayamcash.blogspot.com/2019/07/agen-judi-sabung-ayam-s128-online.html
sabung ayam
sabung ayam
https://sabungayam.video.blog/2019/07/06/agen-judi-sabung-ayam-s128-online/
https://sabungayamcash.weebly.com/agen-judi-sabung-ayam-s128-online.html
sabung ayam
http://sabungayamcash.over-blog.com/2019/07/s128
https://sabungayamcash.hatenablog.com/entry/2019/07/06/111444
Bababa
BalasHapusMakasiii sangat bermanfaat :)
BalasHapusMakasih🙏 makalahnya sangat bagus
BalasHapusTapi daftar pustaka dari makalah ini mana yaaa
makasih kaka makalah nya sangat bagus sangat mudah di pahami perkenalkan nama saya hafizzzul akbar dari kampus ISB Atma Luhur
BalasHapusbagus makalahnya adk dan makasih banyak karena sudah sangat membantu, saya dari kKmpus UNIK Kadiri Prodi D4 Kebidanan
BalasHapus