Jumat, 09 September 2016

Makalah Komputer dan Internet



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
Di era globalisasi sekarang ini, komputer dan internet tidak hanya bermanfaat bagi pelajar saja, namun juga untuk masyarakat secara luas. Bagi masyarakat modern yang tinggal di kota besar, keberadaan komputer rasanya tidak akan asing. Kebanyakan dari orang di kota tidak membutuhkan pendidikan formal untuk mengoperasikan komputer karena ketersediaannya membuat mereka dapat melatih diri sendiri dengan mengotak atik secara otodidak. Terutama untuk mereka yang memiliki komputer di rumah.
Komputer dan internet merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia, bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri. Lalu apa manfaat dari komputer dan internet itu sendiri? Semua akan dibahas pada makalah ini.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang menjadi pembahasan pada makalah ini, yaitu :
1.      Bagaimana Pengertrian dari Komputer?
2.      Jelaskan tentang komponen-komponen Komputer?
3.      Bagaimana pengertian dari Internet?
4.      Jelaskan tentang koneksi/transisi, jaringan internet dan dampak internet?
5.      Bagaimana hubungan Hadware, Sofware dan Koneksi internet pada Komputer?

C.      Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar memberikan wawasan kepada kita tentang pengenalan  komputer dan  internet di era globalisasi seperti sekarang ini.








BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengenalan Komputer
Definisi Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena  luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
1)      Menurut Hamacher , komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
2)      Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas     sebagai berikut :
·         Menerima input
·         Memproses input tadi sesuai dengan programnya
·         Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
·         Menyediakan output dalam bentuk informasi
3)      Sedangan Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Dari beberapa ahli pendapat di atas, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa komputer merupakan suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input dengan menggunakan suatu program yang tersimpan didalam memori komputer, memberikan output yang berupa informasi dan dapat menyimpan program serta hasil pengolahan dalam suatu media penyimpanan seperti hardisk, flashdisk atau penyimpanan lainnya.
1.           Hardware (Perangkat Keras)
Hardware (perangkat keras) adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware ( perangkat keras) terdiri dari :
1)        Power supply
Merupakan bagian terpenting karna tugasnya adlah mengalirkan listrik.apabila bagian ini rusak maka computer akan mati.
2)        Motherboard :
Merupakan sebuah papan tumpuan,maksudnya kebanyakan dari komponen-komponen dalam computer menempel disini,misalnya RAM,VGA,SOUND CARD,MODEM.
3)        Processor
Merupakan otak dari suatu computer bagian ini yang mengontrol segala kegiatan pada computer.terdapat dua perusahaan terkenal yang memproduksi processor yaitu intel dan AMD
4)        RAM
Random Access Memory atau sering disebut memory. Jika dianalogikan sebagai manusia, RAM merupakan tangan dari komputer. semakin besar RAMnya semakin banyak tangan yang sanggup melakukan pekerjaan-pekerjaan komputasi secara cepat tentunya.
5)        Harddisk Drive
Biasa disingkat HDD, Sebuah media penyimpanan data bisa berupa teks, lagu, gambar, video, program, dll.
6)        Input device (Keyboard dan Mouse)
Merupakan suatu alat untuk memudahkan memberikan perintah kepada computer untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan yang kita inginkan.
7)        Monitor
Saat ini dibedakan menjadi 2, yaitu CRT dan LCD, gampangannya CRT adalah monitor yang berbentuk ‘gendut’ sedangkan LCD adalah monitor yang berbentuk ramping
8)        Casing
Agar semuanya terjaga kebersihannya dan tidak yerlihat berantakan maka “dibungkus”oleh suatu perangkat bernama casing.didalam casing biasanya di tmbahkan suatu FAN agar suhu di dalam computer terjaga.
9)        Optional device
Berikut ini adalah macam –macam device yang boleh di pasang maupun tidak dipasang maka tidak apa-apa. Speaker : speaker hanya berguna sebagai sarana multimediayang memungkinkan kita dapat mendengarkan suara lagu maupun film yang sedang di putar dalam computer
10)    VGA
Kartu grafik,biasanya untuk memaksimalkan tampilan grafik yang diperlukan apabila kita ingin bermain suatu game.
11)    Printer
Kegunaaannya untuk mencetak suatu tulisan atau gambar yang telah kita buat di dalam computer.
12)    Modem
Buat yang suka internet, peranti yang ini wajib dimiliki. Ada banyak pilihan untuk modem ini, Modem Dial U/ADSL(internal/external), Modem GPRS, Modem CDMA, dan Modem HSPDA, pilihan tersebut berdasarkan jenis provider internet yang akan dipilih.
13)    Joystick
Berfungsi untuk memudahkan player bermain game.
14)    Webcam & microphone
15)    Perangkat ini menjadi perangkat wajib buat chatter. Chatting tidak berasa tanpa ngobrol langsung pake microphone dan webcam bagi mereka

2.           Software (Perangkat Lunak)
Software / Perangkat Lunak Komputer yang merupakan sebuah program komputer yang menjembatani pengguna komputer dan perangkat keras yang digunakannya. Dengan kata lain, perangkat lunak merupakan penerjemah antara manusia sebagai orang yang memberi instruksi dan komputer sebagai pihak yang menerima instruksi.
Jenis Software Atau Perangkat Lunak Komputer
Perangkat Lunak atau Software dibagi menjadi dua kategori yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
a.       Perangkat Lunak Atau Software Sistem (System Software)
Perangkat Lunak Sistem adalah perangkat lunak atau software yang berhubungan langsung dengan komponen perangkat keras komputer (Hardware), perawatan, maupun pemrogramannya. Perangkat lunak sistem ada tiga macam yaitu sebagai berikut:
1)      Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi merupakan perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras / Hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi. Komputer tidak dapat menjalankan perangkat lunak aplikasi jika kita tidak memiliki sistem operasi di dalamnya. contohnya : Windows, Mac Os, BeOS, DOS, UNIX, Novell Netware yang menjalankan sistem operasi network berbasis DR-DOS, FreeBSE (SO turunan UNIX), atau Windows dengan aplikasi Citrix Metaframe.

Secara umum tugas-tugas dari sistem operasi adalah sebagai berikut:
·         Mengatur User interface,  yaitu bagaimana antara komputer dan pengguna bisa saling berinteraksi.
·         Mengoordinasikan perangkat keras / hardware denga perangkat lunak / software yang terdapat pada komputer
·         Mengatur bagaimana perangkat lunak bisa masuk dalam memori.
·         Mengatur cara penyimpanan dan pengambilan data pada media penyimpanan.
·         Mengelola semua sumber daya sistem pada komputer dan lain-lain.
2)      Bahasa Pemrograman
 Bahasa pemrograman merupakan instruksi dan aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Manusia memberikan instruksi yang dimengerti oleh komputer melalui bahasa pemrograman, dan komputer akan menerjemahkannya.
3)      Utility Software
Utility Software merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dalam sistem komputer.
b.      Software Aplikasi (Application Software)
Perangkat lunak aplikasi (application software) merupakan program yang dibuat atau dirancang untuk menyelesaikan suat aplikasi tertentu. 

Selain perangkat lunak sistem, sebuah komputer juga membutuhkan perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu yang membantu pengguna dalam kegiatan sehari-hari.
c.       Brainware
Brainware Komputer adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal
3.           BIOS
BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, merupakan suatu software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. BIOS tertanam dalam sebuah chip memory (ROM ataupun Flash Memory berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor-CMOS)  yang terdapat pada motherboard. Sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan setingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan.
a.         Fungsi utama BIOS
Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting.
b.        Cara Kerja BIOS
Seperti telah dijelaskan diatas bahwa fungsi utama BIOS adalah melakukan POST. Sedangkan urutan-urutan atau cara kerja BIOS adalah dimulai dengan proses inisialisasi, dimana dalam proses ini kita bisa melihat jumlah memory yang terinstall, jenis hardisk dan kapasitasnya dan sebagainya.  BIOS kemudian akan mencari, menginisialisasi dan menampilkan informasi dari
c.         Graphics Card.
Kemudian akan mengecek device ROM lain seperti hardisk dan kemudian melakukan pengetesan RAM yaitu memory count up test. Setelah  semua test komponen berhasil dilakukan, BIOS kemudian akan mencari lokasi booting device dan Sistem Operasi.
Mengenai cara kerja BIOS atau urutan-urutan apa saja yang dikerjakan BIOS pada saat melakukan POST ini bisa dibaca pada postingan mengenai urutan proses startup komputer.
d.        Cara Akses BIOS
Untuk mengakses BIOS dapat kita lakukan dengan menekan tombol tertentu (biasanya tombol Delete atau F2) pada Keyboard pada saat pertama kali komputer dinyalakan. Akan terdapat tulisan misalnya "Pres F2 to enter setup", maka langsung aja kita tekan tombaol F2 berulang-ulang.
e.         Seting BIOS
Cara seting atau konfigurasi BIOS ini berbeda-beda tergantung dari vendor pembuatnya, disini saya akan menampilkan menu-menu pada BIOS yang umum kita temui yaitu Phoenix Award BIOS. Menu utama pada BIOS ini adalah :
1)      Standard CMOS Features, untuk seting tanggal dan melihat hardisk yang terdeteksi, dll.
2)      Advanced BIOS Features, pengaturan boot device priority (pilihan device untuk pertama booting) dapat diset disini.
3)      Advanced Chipset Features
4)      Integrated Peripherals
5)      Power Management Setup
6)      PnP/PCI Configuration
7)      PC Health Status, kita bisa cek temperatur dan tegangan dari Power Suplly disini.
8)      Load Fail-Safe Defaults (Load Factory Setting), pilih menu ini untuk mengembalikan seluruh setingan ke mode asalnya (default).
9)      Load Optimized Defaults
10)  Set Supervisor Password
11)  Set User Password
12)  Save & Exit Setup
13)  Exit Without Saving
B.       Pengenalan Internet
Interconnection network (internet) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet berasal dari bahasa latin "inter" yang berarti "antara". Internet merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia. Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topology jaringan yang berbeda. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan, digunakan standar protokol internet yaitu TCP/IP. TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan baik, sedangkan IP bertugas untuk mentransmisikan paket data dari satu komputer ke komputer lainya.
Sejarah internet awalnya berasal dari proyek ARPA yang dibentuk tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini kemudian dikenal dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang melakukan riset tentang cara menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya agar bisa saling berkomunikasi. Pada tahun 1970, proyek ini berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer dalam bentuk jaringan, dan beberapa tahun kemudian, hasil riset proyek ini dikembangkan di luar Amerika. Karena jumlah komputer yang terhubung semakin banyak, maka pada tahun 1980 dibuatlah protokol resmi yang dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
1.         Koneksi  internet
Karakteristik  Koneksi Internet
a.         Koneksi fisik, misalnya ethernet, fiber-optik, modem, ADSL, wave-LAN, satelit, dan masih banyak lagi. Dari segi konfigurasi, koneksi ini cukup dilihat sebagai:
·         Point to point: koneksi dari ISP harus masuk langsung ke SATU komputer, router atau gateway.

·         Multipoint: koneksi dari ISP masuk dulu ke konverter/hub ethernet. Dari hub anda bisa tarik kabel ke BEBERAPA komputer.
b.        Koneksi logikal. Secara gampang, subnet adalah kelas IP yang diberi ISP buat anda. Ada tiga kemungkinan:
·         Node: Anda hanya diberi 1 IP, bisa langsung dipakai oleh satu komputer.
·         Subnet: Anda diberi beberapa IP yang bisa langsung dipakai oleh beberapa komputer. Walau terpisah, secara logikal network anda masih satu segment dengan network ISP sehingga netmask anda ikut netmask ISP. Misalnya, anda diberi 4 IP, tapi netmask = 255.255.255.0 (buat 256 node).

·         Segment: Anda diberi 1 IP koneksi, dan 1 (sub) segment IP. Segment anda punya netmask sendiri, misal sub segment 16 IP netmask 255.255.255.224, atau full segment kelas C 256 IP netmask 255.255.255.0. Koneksi ini harus masuk dulu ke router/gateway sebelum disebar ke beberapa komputer.
Perhatikan bahwa koneksi logikal node dan segment biasanya pakai koneksi fisik point to point. Kalau pakai koneksi multipoint, bisa sekali tapi agak mubzir. Koneksi fisik multipoint afdol-nya berjodoh dengan koneksi logikal subnet.
c.         IP external/internal. IP eksternal adalah IP yang sah dipakai untuk berkomunikasi di jaringan Internet sedunia. Sementara itu IP internal hanya boleh dipakai di Intranet. Ada tiga segment IP internal:
·         10.x.y.z
·         172.16-31.y.z
·         192.168.0-255.z
Kalau tidak masuk kelompok itu, IP anda adalah eksternal. ISP yang bonafid seharusnya memberi IP eksternal. Tapi ISP yang murah meriah hanya akan memberi anda IP internal. Koneksi IP internal hanya bisa buat browsing, downloading atau chatting. Tidak bisa buat server atau main game.
d.        IP dinamik/statik. Jika pakai dinamik, IP komputer anda akan diberi oleh ISP melalui DHCP, dan secara periodik akan berubah. Sebaliknya IP statik bersifat tetap, anda isikan saat mengkonfigurasi network. IP dinamik biasanya hanya untuk koneksi satu node, dial-up point-to-point.
Macam-Macam Metode Koneksi Internet
-          Koneksi Dial Up
Komputer yang dilengkapi dengan modem analog dapat melakukan dial up, yaitu menghubungi server milik ISP untuk memperoleh akses internet. Koneksi dial-up tidak hanya menggunakan jalur telepon rumah (PSTN), tetapi juga bisa menggunakan telepon genggam berteknologi CDMA
-          .ADSL (Kecepatan Akses Internet-ADSL)
ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz). Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).

-          Koneksi dengan Jaringan Leased Line
Internet leased line artinya jaringan yang tersedia untuk mengakses internet selama 24 jam sehari. Hal ini berbeda dengan dial up, di mana akses internet hanya tersedia pada saat kamu melakukan hubungan ke ISP. Oleh karena itu jaringan leased line juga sering disebut sebagai jaringan dedicated line, yaitu jaringan yang dikhususkan untuk koneksi internet. Jaringan leased line dapat menggunakan jaringan telepon, kabel khusus untuk internet, maupun koneksi wireless. Untuk jaringan yang menggunakan kabel, tersedia layanan ISDN dan DSL.
-          Satelite VSAT
Koneksi menggunakan satelite merupakan koneksi yang cukup cepat namun termahal. Koneksi ini kita harus menggunakan sebuah payung [ parabola khusus ] untuk menangkap signal satelit.
-          Handphone
Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA.
-          WIFI / Hotspot
Jenis koneksi ini mulai heboh akhir-akhir ini. Dibeberapa kafe, mal berlomba-lomba memberikan fasilitas ini bahkan gratis untuk para pengunjung / langganan mereka. Wi-fi ini bisa terkoneksi apabila kita memiliki modem WIFI, biasanya notebook jadul belum ada jangan sedih bisa dibeli kok slot pcmci atau colokan usb. Kalau notebook baru biasanya sudah build in semua, dan handphone smartphone khususnya telah memiliki wifi build in juga. sehingga bisa langsung dapat digunakan.

-          Cable Modem
Cable Modem merupakan modem yang menyediakan dua arah komunikasi sata melalui frekuensi radio (RF) pada infrastruktur saluran CATV (Cable TV). Kabel modem ini terutama digunakan untuk memberikan akses internet broadband dalam bentuk internet cable dengan mengambil bandwidth yang tinggi dari jaringan televisi kabel.
2.         Jaringan Internet
Jaringan internet secara sederhana adalah sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan lainnya dengan menggunakan media komunikasi. Tujuan jaringan internet yaitu untuk memudahkan pengguna komputer untuk saling berbagi sumber daya yang terdapat di jaringan seperti printer dan data.
Jenis-jenis jaringan internet
a.         Jaringan Berdasarkan Hubungan fungsional
1)        Jaringan Feer-to-Feer
Kedudukan setiap komputer yang terhubung dalam jaringan adalah sama. Tidak ada komputer yang menjadi pelayan utama (server). Sehingga semua komputer dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dan berbagi penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak
2)        Jaringan Client Server
Pada jaringan client-server terdapat sebuah komputer yang mengatur semua fasilitas yang tersedia dalam jaringan komputer, sepertikomunikasi, penggunaan bersama perangkat keras dan perangkat lunak serta mengontrol jaringan. Komputer ini dinamakan server. Semua komputer lain selain server disebut client.
b.        Jaringan Berdasarkan Area
1)        Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup terbatas (area lokal). Tipe jaringan ini banyak dipakai pada gedung perkantoran, warnet, Lab komputer sekolah, rental komputer,dsb
2)        Metropolitan Area Network (MAN)
MAN merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup yang cukup jauh. Tipe inidigunakan untuk membangun jaringan komputer antar gedung, dalam satu kota, atau antar kota yang berada pada jangkauannya. Jaringan in biasanya digunakan oleh perusahaanperusahaan besar seperti perbankan, BUMN, dll.
3)        Wide Area Network (WAN)
Jaringan ini merupakan jaringan yang terbesar karena mencakup radius antar negara bahkan benua tanpa batasan geografis seperti jaringan lain. Dalam beberapa hal, WAN dapat dikatakan Internet WAN (Wide Area Network)
c.         Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya
1)             Jaringan Berkabel
 Jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota anggota jaringan disebu Jaringan Berkabel
2)        Jaringan Nirkabel
Jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan.
3)        Topologi Jaringan
 Topologi jaringan merupakan Topologi jaringan merupakan diagram yang mewakili cara komputer terhubung dalam jaringan.  Macam-macam topologi jaringan :
·         Star Topology (Topologi Bintang)
·         Ring Topology (Topologi Cincin)
·         Bus Topology (Topologi Bus)
·         Tree Topology (Topologi Pohon)

3.         Manfaat dan dampak penggunaan internet
a.         Manfaat Internet
·         Mencari informasi (hosting) dan research di internet
·         Berkirim surat (e.mail)
·         Berbelanja online (e-commerce)
·         Internet banking
·         Belajar jarak jauh (e-learning)
·         Mengobrol (chatting)
b.           Dampak Positif Internet
·         Internet sebagai media komunikasi
·         Media pertukaran data :
·         Media mencari informasi
·         Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan :
c.           Dampak Negatif
·         Pornografi
Internet seringkali di salah gunakan untuk hal hal yang kurang baik salah satunya Pornografi yang sudah merajalelah dengan demikian Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.akibat salah menggunakan banyak sekali tingkah asusila atau kriminal.
·         Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
·         Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu.
·         Carding
 Karena sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
·         Perjudian
Banyak sekali pengguna internet yang menggunakan internet sebagai alat judi yang sangat luas bagi semua kalangan ,bukan hanya bagi orang dewasa bahkan anak anak pun seringkali menyalah gunakan internet sebagai alat perjudian.
C.      Hardware & Software Untuk Mengakses Internet
1.      Perangkat Keras(Hardware) untuk akses internet
a.           Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
b.      Modem (Modulator Demodulator)
Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone. Modem adalah alat yang bertugas untuk menukar data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya. Dengan adanya modem pengguna PC dapat terkoneksi dengan dunia internet

c.       Router
Router adalah sebuah alat yang digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan menruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus. Router berperan sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya
d.      Kabel UTP
Kabel UTP digunakan sebagai penghubung antarkomputer, antara komputer dengan switch atau router, dan perangkat jaringan lainnya. Kbel UTP digunakan sebgai kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan atau network komputer berupa kabel yang didalamnya berisi empat (4) pasang kabel yang yang setiap pasangnya adalah kembar dengan ujung konektor RJ-45.
e.       Konektor RJ 45
Konektor RJ 45 digunakan sebagai penghubung kabel UTP.
f.       Switch Hub
Switch hub digunakan untuk menghubung jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu. Switch hubberperan dalam menyatukan kabel jaringan dari setiap komputer baik client maupun server serta modem. Pada pasaran terdapat beberapa jenis Hub namun yang terpenting adalah jumlah port yang dimiliki. Hub dengan 8 port, Hub 16 port maupun Hub dengan 24 port.
g.      Ethernet Card
Ethernet card (LAN card) digunakan sebagai kartu antarmuka jaringan untuk transmisi data antarkomputer yang koneksi. Ethernet card disebut juga dengan Network Interface Card (NIC).
h.      Webcam
Webcam adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui Worl d Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah “webcam” juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini.
i.        Wireless Adapter
Wireless Adapter digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa menggunakan kabel. Adapter ini biasanya berbentuk card atau board yang berisi rangkaian elektronika
j.        Kabel Koaksial
Kabel koaksial merupakan kabel yang digunakan sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya
2.      Perangkat Lunak (Software)
a.         Sistem operasi
Sistem operasi merupakan penghubung antara user (pengguna ) dengan computer. Adapun system operasi yang umum digunakan untuk mengakses internet adalah windows, Apple dan Linux dengan semua varians yang dimiliki oleh system operasi tersebut.
b.        Browser
Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh layanan web (halaman-halaman internet). Browser yang umum digunakan adalah internet explorer browser ini ekslusif hanya dapat berjalan pada system operasi windows, Mozila Firefox browser ini dapat berjalan pada system operasi windows, linux dan tentunya Apple, Opera, Safari, Google Chrom
c.         E-mail Client
E-mail client berfungsi untuk mengelola e-mail. Contoh E-mail client antara lain Microscoft Outlook Ekspress, Microscoft Office Outlook, dan Mozila Thunderbird
d.        Instant Messaging Client
Instant Messaging Client berfungsi sebagai sarana chatting, yaitu melakukan percakapan dengan saling mengirim dan menerima pesan berupa teks. Cotoh Instant Messaging Client adalah ICQ, Yahoo! Messenger, iChat, dan Pidgin.





BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Akhirnya penulis dapat menyimpulkan bahwa internet adalah suatu perangkat komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang sudah bisa saling mengakses data, dan saling bertukar informasi antar negara. Sehingga internet cakupannya lebih luas. Sehingga
Internet dapat diartikan sebagai jaringankomputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakaikomputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnyaterdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yangdinamis dan interaktif.
Internet merupakan suatu perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan behkan miliaran informasi yang berupa teks dalam bentuk mediaelektronik selain itu internet dikenal sebagai dunia maya, karena hampir seluruhaspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti olah raga, politik, hiburandan lain sebagainya, selain itu juga internet mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan karena dengan adanya internet bisa menambahilmu pengetahuan kita dan dapat menambah motivasi belajar siswa
B.       Saran
Sebaiknya internet digunakan dalam hal-hal yang positif bukan hal-hal yang negatif. Khususnya dibidang pendidikan agar internet lebih digunakan dalam menunjang pembelajaran karena dengan mengakses internet banyak materi pembelajaran yang bisa kita dapatkan.

6 komentar: